Happy Milad Ruang Kata-ku


image

Jum’at [29/4/16]

Rasanya surprise, tiba-tiba dapat notif kalau blog saya anniversary yang ke-5. Sungguh, sebuah hal yang tidak pernah terlintas dalam pikiran saya sebelumnya. Dan tentu saja, saya juga tidak menyangka, bahwa saya akan mendapatkan ucapan itu. Hal tersebut  justru membuat saya terbengong alias melongo, dan bertanya-tanya. Memangnya sudah selama itu? 😅😄:D

Bahwasanya, di usia yang bisa dikatakan sedang unyu-unyunya ini [andaikata blog saya ini anak manusia], blog saya jauh dari kata unyu bin ucul. Alih-alih unyu, lah isinya saja random, tidak ‘cetho’ babar blass 🙈🙈. Tapi, ya, begitulah… Terimalah saya apa adanya. #Tsaahhh

Blog yang sempat mati suri lebih kurang 4 tahun itu, kini saya coba untuk menghidupkannya kembali. Meski dengan isi seadanya, semoga bisa menjadi pemantik untuk tidak hanya sekadarnya.

Saya sadar, ala bisa karena biasa. Tulisan bagus, terstruktur itu tidak ‘ujug-ujug’. Semua butuh proses yang tidak bisa dikatakan sebentar. Apalagi  sim salabim, itu sebuah hal yang tidak mungkin. Di agama saya-Islam, sangatlah menghargai sebuah proses. Karena dalam proses, ada ketekunan dan keistiqomahan.

Banyak ulama zaman dulu, yang menginvestasikan usianya untuk ilmu. Karena untuk memiliki ilmu, tidak cukup hanya dengan harta dan jiwa saja. Mulai dari belajar menuntut ilmu kepada guru yang tidak hanya 1, mengorbankan harta, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit. Kemudian menuliskan apa yang jadi buah pikiran beliau. Proses penulisan ini jangan dibayangkan cuma setahun duatahun ya, tapi bertahun-tahun. Apakah selesai? Ada yang selesai, ada yang tidak. Apakah sia-sia? Tidak! Karena yang ditulis adalah ilmu. Sebuah obor, penerang dalam kegelapan.

Jadi pengingat untuk saya pribadi, jangan pernah merasa lelah terhadap ilmu. Jangan pernah menyerah untuk tidak menulis. Karena menulis adalah salah satu wujud ikhtiar untuk mengikat ilmu. Kalau tidak kita tulis, bisa saja kita akan kehilangannya. Karena kita manusia yang acapkali lupa. Perlu sebuah media untuk mengingatkannya. Apa bentuknya? Tulisan!!

Leave a Reply

